Langkah Kreatif Mengatur Waktu Agar Produktif Sebagai Freelancer

“Waktu akan membuat keadaan menjadi lebih mudah”
― Stephenie Meyer, Eclipse

Apa itu Waktu ?

Pernahkah terbesit dalam pikiran kalian tentang pertanyaan itu ? Atau pernahkah kalian berpikir bahwa semua orang memiliki perbedaan antara satu sama lain akan tetapi hanya ada satu yang pasti yang dimiliki semua orang yang sama yaitu Waktu, setiap orang memiliki waktu yang sama setiap harinya memiliki jam yang sama setiap harinya yaitu 24 Jam dan banyak sekali hal yang bisa dilakukan dalam waktu tersebut jika kita bisa mengaturnya atau memanage waktu kita agar tidak terbuang sia-sia. Nah, tentunya kalian sebagai Freelancer harus memiliki skill ini mengatur waktu anda agar lebih produktif dalam mengerjakan suatu orderan agar tidak menumpuk dan tentunya memuaskan pelanggan pula. Lantas, bagaimana caranya mengatur waktu agar anda lebih produktif dalam mengerjakan project anda?


  • Creative Time Management.

Mengatur waktu anda dengan baik tentunya akan memberikan impact positif juga kepada anda, Orang-orang yang mengatur waktunya dengan baik tentunya akan melakukannya dengan cara yang kreatif. Tentunya dengan anda mengatur waktu anda akan membuat anda tenang dan terhindah dari kekalutan atau rasa cemas akan tidak terkerjakannya suatu project atau istilah "Dikejar Deadline".

Keuntungan yang paling penting yang didapat jika anda dapat dari manajemen waktu yang kreatif adalah "anda dapat mengendalikan hidup anda".
Agar anda bisa menetapkan manajemen waktu yang kreatif tentunya anda harus memiliki sasaran atau tujuan. Tanpa sasaran tentunya anda akan kehilangan arah dan mengambil kesempatan-kesempatan yang tidak pasti dengan pandangan yang sempit atas akibat yang mungkin timbul dalam kehidupan pribadi atau professional anda.

  • Tentukan Prioritas Anda

Setelah anda menetapkan sasaran, anda perlu menentukan prioritas anda untuk memaksimalkan apa yang anda kerjakan. Perlu di ingat prinsip seorang pakar ekonomi dan sosiologi Italia pada abad ke-19, Vilfredo Pareto yaitu prinsip 80/20, yang berarti bahwa 20% apa yang anda kerjakan akan memberi anda 80% hasilnya. kunci dari semua itu adalan menentukan dengan hati hati 20% dari aktivitas anda secara tepat sebagai prioritas.

  • Pertahankan Fokus Anda & Menciptakan Tenggat Waktu yang Realistis

Ketika anda mengerjakan project suatu klien tentunya anda harus fokus dan ini sebuah kunci jika anda tidak mau merasa "Dikejar-kejar Oleh Deadline" anda harus mulai menghindarkan hal hal yang akan mengganggu fokus anda dan mengesampingkan hal lain untuk prioritas yang telah anda tentukan sebagaimana dibahas di poin ke-2. Tenggat waktu yang realistis akan membantu anda fokus pada sasaran jangka panjang dan terutama pada prioritas jangka pendek dan seharusnya anda tidak perlu takut atau cemas akan tenggat waktu tetapi justru seharusnya anda menyambutnya dengan baik jika anda bisa menetapkan sasaran dan prioritas anda. Selebihnya dengan menetapkan tenggat waktu dan membuat daftar-daftar apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu anda akan merasa tenang karena semuanya telah terencana dengan matang.

  • DO IT NOW

Lakukan sekarang! Dan mulailah langkah anda untuk menetapkan manajemen waktu yang kreatif sebagai seorang freelancer. untuk membantu anda mengingat prinsip manajemen waktu yang kreatif adalah sebagai berikut :

    • D = Divide, Artinya: Bagilah waktu dan kuasailah apa yang harus anda lakukan. Bagilah tugas-tugas besar menjadi tugas kecil dan tentukan untuk setiap bagian kecil tersebut sebuah yang realistis 
    • O = Organize, Artinya: Aturlah bahan-bahan anda, bagaimana anda melakukannya.  
    • I  = Ignore, Artinya: Abaikan gangguan yang mengalihkan fokus atau perhatian 
    • T = Take, Artinya: Ambil kesempatan untuk mengetahui bagaimana melakukan segalanya seorang diri. 
    •  N = Now, Artinya: Sekarang, bukan besok, jangan menunda. 
    •  O = Opportunity, Artinya: Kesempatan mengetuk pintu anda. Ambil keuntungan dari kesempatan yang menguntungkan itu. 
    • W = Watch Out, Artinya: Waspada pada pemakan waktu. Pantau, dan atasi terus menerus, berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk internet, membaca dan megirim e-mail, menonton TV, atau bermain sosial media.

  •  Seimbangkan Hidup Anda

Utamakan diri anda sendiri dalam beberapa hal dan jangan membuat diri anda terus tertekan karena suatu hal, dan terkadang hal yang anda prioritaskan justru akan menjadi boomerang bagi anda sendiri dan membuat semuanya kacau maka dari itu anda harus berhati hati dalam menentukan prioritas. Jadi semua harus seimbang dan pada porsinya tersendiri.

"Di hidup yang semakin dewasa ini, Anda dapat memanfaatkan lebih banyak waktu".




Postingan Populer